Total Tayangan Laman

Minggu, 30 Juni 2013

Gunung Gede-Pangrango

mungkin emang judulnya Gede-Pangrango. tapi dari 9 orang dari kelompok gue yang berangkat, cuma 3 orang dan tidak termasuk gue yang mencapai kedua puncak itu. lainnya? cuma sampe puncak Gunung Gede x_x

petualangan dimulai anggap saja setelah salah satu guru pembina CHANNEL (pencinta alam sekolah gue) meng-sms anak-anak dengan kata-kata "wahai pendaki tangguh, besok kumpul disekolah jam 6 paling lambat! karena jam 6:30 kita akan berangkat. bagi yang terlambat, maka masih bisa mengulanginya tahun depan!" okeee.. anggep aja sekarang udah pagi dan gue bangun jam 5 pagi itu. gue packing barang-barang yang bakal ada di tas pinggang gue. soalnya barang lainnya udah di packing di carrier gue.

gue dateng kesekolah jam 6 pagi. dan gue adalah orang ke-3 yang dateng setelah satu anak angkatan gue dan satu guru seni gue. sampe sekolah, gue nungguin anak-anak sambil nonton tv di ruang tunggu. dan akhirnya setelah sekian lama menunggu, udah jam 6:20 an dan baru berapa orang yang dateng dan pembina CHANNEL gue yang meng-sms gue untuk dateng paling lambat jam 6 itupun belum datang. begitupun adiknya. >> tanpa pikir panjang, gue menggerakkan anak-anak buat ngebawa carrier nya ke mobil asat (nama disamarkan) karena emang yang boleh bawa mobil sampe cibodas (nama pos tempat gue masuk) itu cuma dia doang. dan satu lagi zihaf juga boleh bawa mobil. tapi cuma sampe starbucks deket puncak doang. (puncak bukan puncak gunung). dan itu dia dianter sampe sana. okeeh. anggep aja udah jam 6:40 dan guru pembina gue yang akhirnya gue sebutkan namanya adalah jopa beserta adiknya itu datang. kita langsung berdo'a dan berikutnya langsung berangkat. rada macet broo hahaha kita sampe puncak sekitar 3,5 jam.

sesampainya di Cibodas, jopa melakukan registrasi di basecamp yang bedanya gunung Gede dan gunung-gunung lainnya adalah dengan cara uniknya dalam registrasi, yaitu harus booking 7 hari sebelum pendakian. wuih hahaha ribet banget. udah gitu yang namanya ngedaki gunung itu harus dijadwalin. bayaran pertama ya itu cuma buat 1 hari ngedaki dan 1 orang doang. selebihnya, kalo mau 2 hari dan seterusnya ya harus nambah bayaran. kalo engga, di denda. yaaa walaupun bayarnya 7000 rupiah, tapi lucu aja kalo naik sumbing gitu kan 4000 rupiah sepuasnya hahaha.

okeeh. anggap sekarang udah jam 12:30. selepas sholat dzuhur yang di jamak qasar, kita berangkat setelah briefing sekitar jam 13:04 siang. (catatan. bagi nama yg belum gue sebutkan yang ikut pendakian itu bsat, wispa (guru seni), mifka (adenya guru pembina gue), duri, banting. total yang ikut jadi 9 orang). yang bawa carrier itu ada 7 orang. dan ada 1 drybag. yang paling depan itu pokoknya pasti jopa sama mifka. sisanya yang ber7 itu bebas deh siapa hahaha ngga ada yg bisa didepannya secara abadi pokoknya. parah ngebut banget itu dua orang jalan haha. anggep aja udah di tempat istirahat yang pertama. ini gue masih pemanasan. nafas gue quota nya udah mau abis. gue masuk di deretan paling belakang. (di gunung manapun gue hampir selalu paling belakang).

kita jalan lagi. pokoknya target jopa itu istirahat setiap 1 jam sekali. tapi kita harus sampe 1 jam nya versi dia. secara, jarak 1 jam dia sama 1 jam kita itu beda jauh --" jalan-istirahat-jalan-istirahat. anggep aja sekarang udah sampe di tempat air panas. di sini untuk pertamakalinya gue ngeliat air ngalir dari atas dengan agak derasnya itu adalah air panas. kita harus ngelewatin batu-batu yang dibawahnya doang. itu kalo yang namanya air udah masuk ke sepatu.. hahaha ngga panas-panas banget sih. tapi panas. (?) gue menjatuhkan seseorang yang dari arah sebaliknya (arah pulang) dari gue.
skip>>
jalaaan terus. dan gue baru sadar ternyata banyak cewe pencinta alam disini. ralat. banyak manusia disini. parah banyak banget sumpah. pertama kali gue ke gunung dengan mahluk sebanyak ini. cewe nya juga mayoritas pake jilbab. cowonya hampir ngga ada yang pake peci (?).

sampe di air terjun dambaan gue. di sini gue buang air (penting banget). jalur di Gunung Gede emang terkenal udah di tangga-tangga in. tapi malah tangga itu lah yang bikin pegel banget --" >> gue minum ngga terlalu banyak disini. dan pas temen gue bilang "set itu udah pada nyuri start aja", gue langsung ngeliat bahwa ada jopa, mifka, bsat, dan wispa yang udah jalan duluan. akhirnya gue memberanikan diri dan menguatkan diri buat ikut mereka. walaupun gue ngga bisa ngejar. ini posisi paling ngga enak. gue ada di posisi median dari data yang diberikan. anggep ada 9 data, tengah-tengah nya 5 kan? 4 didepan, 4 dibelakang. dan lebih ngga enaknya lagi, gue sendirian -_- mau nunggu belakang tapi takut lama. mau ngejar depan tapi selangkah keram, selangkah keram. serba salah. gue istirahat sendirian di sana dan melihat awan sudah mulai gelap. dan gue panik. gue ngeliat jam tangan gue dan sudah menunjukkan jam setengah enam! 'waduuh. berabe juga nih kalo misalnya sampe gelap gue sendirian di gunung. bisa jadi cerita baru.' akhirnya gue beranjak dari tempat duduk super nyaman itu dan berjalan melawan rasa sakit (sok banget). gue jalan udah lambat gitu terus sambil manggil-manggil "jopaaa.. jopaaa..." berapa kali gue manggil kenceng-kenceng tapi ngga ada yang nyaut --" sumpah gue panik waktu itu. gue mempercepat ritme langkah gue. udah laper, nafas abis, kaki keram semua. gue tetep maksain. dan tebak apa yang gue temukan setelah beberapa menit gue berjalan? wispa.. waaaaahhhh :matabelo seneng banget nemu sesosok orang yang gue kenal. soalnya tadinya pikiran gue 'udah naik aja dhik, diatas pasti ada orang. siapapun yang pasti cari orang'. haahahaha 'siip' gue pikir. begitu sampe disebelahnya, gue langsung duduk dan pijet-pijet kaki. sambil melakukan hal itu, gue nanya "pa, tadi denger ngga saya manggil-manggil jopa?" tebak dia jawab apa? >> "denger kok" dengan muka cool dia. 'seeett!!!!!!!' kenapa kagak jawab yak -_- rasanya takut gue selama ini itu jayus belaka. dia denger tapi santai aja gitu -_- sumpah gue bete haha. >> gue tanya dia "bapak ngapain duduk disini pa?" "saya keram dhik, cape saya. nggabisa saya ngikutin ritme mereka". waah sama banget nih sama gue. "saya juga nungguin senter dhik. saya nggabawa senter". "yaudah yuk pak kita jalan aja. keburu tambah gelap. saya bawa senter kok". akhirnya kita jalan berdua melawan rasa sakit. haha

sampe di tempat hampir atas. hampir tempat gue ngecamp nanti, yaitu kandang badak (nama hanyalah nama). gue berhenti dan memutuskan buat nunggu 4 orang dibelakang soalnya senter asat ada di gue. dan begitu dia sampe, gue langsung suruh dia ngambil senter dia yang ada di kepala carrier gue. abis dia buka, tutup, dan kita langsung jalan lagi dan sampe di kandang badak itu jam 18-an. begitu sampe, kita langsung ngebangun tenda. dan masukin barang-barang.. begitu siap semua, tenda gue masak. (catatan : pembagian tenda berdasarkan perokok dan nonperokok). tenda perokok juga masak. tapi tenda gue cuma masak air buat energen sama susu aja. kelompok sebelah bikin indomie.. pas orang-orang di tenda gue pada masak, gue cuma bisa selonjoran aja. soalnya kaki gue ditekuk dikit udah langsung keram. jadi ngga enak :p

abis pada makan-makan dan grup gue minum-minum, grup gue memutuskan untuk langsung tidur. grup perokok pada ngerokok sambil ngobrol-ngobrol. kita tidur dari jam 20. dan merencakan untuk bangun jam 2 buat berangkat ke puncak. ohiya, jadi posisi gue ngecamp itu 1 pos sebelum puncak gede dan pangrango. jadi dari pos itu, naik dikit, itu ada percabangan. ke kanan itu ke pangrango, ke kiri itu ke gede. >> gue kebangun jam 23. seperti biasa, posisi tidur gue udah kemakan sama orang-orang tenda gue. akhirnya gue tidur duduk seperti biasanya kalo gue tidur di tenda dan terzolimi. haha. ngga tidur beneran sih. cuma mengistirahatkan mata aja. mata cape bangeet. kaki lebih cape sih. gue ngga tidur sampe jam 1 dan setelah gue diamanatkan jopa buat bikin mie untuk ke puncak, gue ngebangunin orang-orang tenda gue buat bangun dan bikin mie. kita masak 3 mie buat ber-5 dan bikin jelly yang nanti buat di puncak.

abis pada makan, kita ngundur pendakian sampe jam 2:45 soalnya kata jopa kalo ngedaki jam 2 itu masih terlalu dingin. anggep kita udah packing. untuk kali ini carrier yang dibawa cuma 2. carrier grup gue dan grup sebelah. dan isinya itu cuma logistik dikit aja. tenda ditinggal di pos itu. kita langsung berangkat ke puncak jam 3:10 (ngaret lagi). setelah berdo'a seperti biasanya, kita mulai jalan dan ngga pemanasan dalam bentuk apapun. nafas gue blong lagi. 3 urutan terbelakang pas ke puncak itu gue, asat, sama wispa. tapi motivasi gue buat tetep ke puncak itu mau makan jelly yang tadi di bikin. abis kayanya enak banget :" gue bilang ke 2 orang lainnya itu "gue ngga usah ngejar sunrise deh. gue yang penting sampe puncak aja".

kita jalan dan jalan terus. udah 1,5 jam. madurasa pun dibagikan. emang bener sih pasokan ini bisa ngebantu sampe puncak. ohiya. di gunung gede ini banyak banget puncak bayangan. jadi kalo dari bawah lu udah ngira kalo itu puncak, lu salah. lu harus ngelewatin sekitar 3 puncak bayangan. dan itu php(pemberi harapan palsu) banget. gue sampe puncak sekitar jam 5:45 dan langsung ngeluarin kamera. ada yang buat ngerekam sunrise, ada yang buat foto-foto. sumpah di sini tangan gue udah kaya dicelupin ke air es. gue gapake sarung tangan x_x tapi di sini gue nemuin sesosok kaum hawa yang jauh lebih sakti dari pendaki lainnya. dia cuma pake kaos yang hampir se ketek dan pakaiannya serba pink! oke ini bukan masalah. tapi gue masih takjub sama kaos nya itu x_x sebagai cowo, gue ngerasa gagal (?).
skip aja deh>>
sekitar jam 7 kurang 15, kita turun dan gue paling belakang. gue jalan udah sempoyongan. itu yang namanya kaki kanan udah nyolong jatah langkah kaki kiri dan sebaliknya.. parah banget deh. ceritanya udah 2 jam-an dan gue sampe ke kandang badak lagi. dan mifka mulai ngebuka jelly nya. gue baru inget 'anjiiiirrrr kenapa ngga di puncak tadi ya makan nya. padahal motivasi gue ke puncak salah satunya buat makan tuh makanan'.

udah jam 10-an. dan ngga ada yang bisa ngelanjutin ke puncak Pangrango. tadinya cuma jopa sama mifka aja yang mau lanjut ke puncak Pangrango. tapi setelah manas-manasin semuanya, akhirnya bsat ikut ke puncak Pangrango. ini orang sakti juga nih. baru pertamakali naik gunung, tapi bisa langsung 2 puncak. yaaa walaupun naik dari kandang badak ke puncak Pangrango juga cuma 3 jam (katanya), tapi yang namanya kaki udah ngga bisa diapa-apain yaaa emang udah nggabisa dipaksain.

akhirnya gue dan 5 orang lainnya memutuskan untuk turun. dan 3 orang sisanya tetep naik ke atas. gue turun jam 11:30 dan akhirnya sampe di bawah jam 3:30. 4 jam-an lah turun. sisanya masih berjuang. malemnya nih gue bingung harus ngapain dan tidur dimana. akhirnya setelah makan di warteg (ini nikmat banget), kita memutuskan buat ngecamp lagi di mandalawangi. ini tempat camp yang buat wisata di cibodas nya. buat masuk, seorang harus bayar 20 rb permalam. mahal ya haha tapi daripada ke pilla ? hahhaa jauh lebih mahal pasti. yaudah disini mumpung ada warung. jadi gue menikmati enaknya hidup lagi haha. kita tidur jam 9 atau jam 10-an. dan jam 1 gue kebangun dan terzolimi lagi. gue tidur duduk sampe pagi jam 5:30. ngga terus-terusan tidur duduk sih. kadang tiduran tapi posisi nya paling beda. dimana ada celah, disitu ada gue.

jam 5:30 gue naik ke atas (tempat gue ngecamp itu naik turun dulu dari basecamp) buat beli shampoo sama sabun. dan alangkah gembiranya gue ternyata ada yang jual benda itu. >> gue balik lagi ke tempat ngecamp dan memutuskan untuk menghilangkan bau badan gue ini. gilaaak! dingin banget itu mandi disitu jam 6 kurang. tapi apa boleh buat? emang udah ngga kuat sama bau badan sendiri :p haha. abis mandi, gue ke warung lagi buat makan. nongkrong. gue ngga lupa menelpon bidadari gue, dan emang dia lagi nggamau ditelpon. gue ngelanjutin tidur gue bentar soalnya semalem terzolimi. dan pas gue tidur, gue di telpon sama jopa sekitar jam 11 pagi itu. katanya, dia udah sampe di basecamp. 'gilaa ngebut banget' gue pikir 3 mahluk itu ngejar sunrise dulu, jadi jam 7an baru dari puncak. ternyata mereka kemaren itu pas gue turun, mereka langsung ke puncak, foto bentar dan langsung turun ke kandang badak lagi. katanya, mereka mau langsung ngelanjutin turun, tapi hujan. jadi mereka ngecamp lagi di kandang badak (padahal udah bongkar tenda). jam 7an mereka turun dan sampe di basecamp jam 10an. seet orang secape itu aja 3 jam turun. gue yang cuma 1 puncak gunung aja 4 jam x_x.

begitu mereka sampe, kita pada packing, makan bentar, dan langsung pulang. gue ngga jum'atan soalnya nanti di jamak qasar lagi. dari naik gunung yang ini, gue cuma ninggalin 1 sholat~ subuh.

sampe sekarang. 3 hari setelah pulang, kaki gue masih sakit kalo buat jalan.

(UPDATE!! 1 minggu setelah pulang, kaki gue masih sakit kalo buat jalan) *penting*

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar